Ekosistem

Pada Kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit materi tentang Ekosistem



A. Satuan dalam Ekosistem

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem tersusun atas satuan-satuan ekosistem. Satuan-satuan Ekosistem tersebut antara lain :
  • Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal yang berdiri sendiri.
  • Populasi adalah beberapa individu sejenis yang yang hidup pada suatu waktu di suatu daerah tertentu.
  • Komunitas adalah beberapa populasi yang hidup pada suatu waktu di suatu daerah tertentu.
Gabungan dari ekosistem-ekosistem yang ada di bumi akan membentuk biosfer. Biosfer mencakup atmosfer dan bagian bumi yang merupakan tempat makhluk hidup untuk tumbuh, berkembang, dan melakukan segala aktivitasnya.

B. Komponen Ekosistem

1. Komponen Abiotik

Komponen abiotik merupakan segala hal selain makhluk hidup, misalnya cahaya, air, udara, suhu, tanah, minerl, dn sebaginya.

2. Komponen Biotik

Komponen biotik adalah komponen ekosistem yang terdiri atas makhluk hidup. Berdasarkan peranannya, komponen biotik di bagi menjadi :
  • Produsen adalah makhluk hidup yang dapat menyusun zat makanan sendiri, contohnya : tumbuhan.
  • Konsumen adalah makhluk hidup yang memakan makanan zat makanan yang di hasilkan oleh produsen, contohnya : hewan dan manusia.
  • Pengurai adalah orgabisme yang dapat menguraikan (membusukkan) sisa-sisa makhluk hidup yang berupa kotoran, sampah, dan bangkai, contohnya : bakteri dan jamur saprofit.
C. Hubungan Komponen Ekosistem

1. Hubungan Abiotik dengan Biotik

Contoh hubungan antara abiotik dengan biotik adalah tumbuhan akan tumbuh subur jika lingkungan di sekitarnya mendukung untuk tumbuhan tumbuh. Misalnnya : cukup tersedia air,  tersedianya cahaya matahari, dan tersedianya unsur hara.

2. Hubungan antara Komponen Biotik

Berikut adalah beberapa jenis interaksi antara komponen biotik :

  • Netral adalah pola interaksi yang tidak saling menguntungkan, tidak saling merugikan, dan tidak saling mengganggu. Contohnya adalah interaksi antara kupu-kupu dan harimau.
  • Predasi adalah pola interaksi antara mangsa dan pemangsa. Hubungan ini sangat erat karena tanpa mangsa predator tidak akan hidup. Contohnya singa dengan pemangsanya.
  • Simbiosis adalah bentuk interaksi yang erat antara dua individu yang berbeda jenis. Simbiosis di bagi menjadi tiga antara lain :
- Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara indivdu yang saling menguntungkan. Contohnya adalah hubungan antara bunga dengan burung kolibri.

- Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara individu, di mana satu simbion (individu yang bersimbiosis) mendapat keuntungan, sedangkan simbion yang satunya lagi tidak di rugikam. Contohnya adalah hubungan antara ikan remora dengan ikan hiu.
- Simbiosis parasitisme adalah hubungan yang terjadi apabila satu simbion mendapat keuntungan, sedangkan simbion yang satunya lagi di rugikan. Contohnya adalah hubungan antara benalu dengan inangnya.



Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga dapat membantu.

Posting Komentar